Cinextur

Belajar Online

Penyebab Lidah Sakit
Kesehatan

Penyebab Lidah Sakit

Cinextur –┬áLidah merupakan indera perasa yang memiliki tugas penting, seperti makan, menelan dan berbicara. Jika lidah sakit, aktivitas harian Anda yang berhubungan dengan organ ini akan terganggu. Yuk ketahui berbagai penyebab radang lidah ini untuk mengetahui pengobatan terbaiknya.

Penyebab radang lidah tidak boleh diremehkan

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan nyeri lidah, di antaranya:

1. Gigitan dari gigi

Saat Anda mengunyah makanan dan tanpa sengaja menggigit lidah, Anda mungkin merasa sakit dan terbakar. Tak hanya saat makan, benturan kuat yang terjadi saat terjadi kecelakaan juga bisa membuat lidah Anda menggigit. Selain itu, penderita epilepsi mungkin secara tidak sengaja menggigit lidah mereka saat mengalami kejang hingga terluka. Umumnya, perlu waktu beberapa hari agar luka gigitan di lidah sembuh total. Berkumur dengan air garam dipercaya dapat meredakan nyeri. Namun, jika luka gigitannya dalam, sebaiknya Anda menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Kandidiasis rongga mulut

Jika pertumbuhan harga dr laser di dalam mulut tidak dapat dikendalikan, maka dapat menyebabkan infeksi. Kondisi ini dikenal sebagai kandidiasis oral. Secara umum penyakit ini paling sering dirasakan oleh bayi baru lahir dan orang dengan daya tahan tubuh yang lemah. Selain radang lidah, kandidiasis mulut juga bisa mengakibatkan munculnya bintik kuning atau putih di lidah dan di dalam mulut. Dokter Anda mungkin meresepkan obat antijamur untuk mengobati sariawan. Biasanya perlu waktu 2 minggu untuk sariawan mereda.

3. Sariawan

Apakah lidah sakit? Coba periksa lidah yang menghadap kaca untuk memastikan Anda menderita sariawan atau tidak. Jika ada, sariawan bisa menyebabkan nyeri di lidah. Sariawan di lidah Anda bisa membuat Anda sulit makan atau berbicara. Para ahli belum mengetahui penyebab pasti dari sariawan, namun hal-hal berikut ini bisa menjadi pemicunya:

  • Makanan pedas dan asam
  • Kelelahan
  • Perubahan hormonal, terutama pada wanita.

Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, dokter Anda mungkin memberikan pereda nyeri, obat kumur, atau merekomendasikan kumur air asin untuk mempercepat penyembuhan.

4. Reaksi alergi

Beberapa makanan diyakini berdampak buruk bagi lidah. Masalah ini disebabkan oleh reaksi alergi. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan oleh buah dan sayuran mentah serta kacang-kacangan.

Selain radang lidah, sindrom alergi oral juga bisa menyebabkan:

  • Mulut gatal
  • Tenggorokan gatal
  • Pembengkakan pada bibir, mulut dan lidah.

Jika reaksi alergi parah, dokter mungkin merekomendasikan obat injeksi epinefrin.

5. Merokok

Merokok ternyata bisa menyebabkan radang lidah. Nyatanya, bahkan orang yang baru saja berhenti merokok pun bisa merasakannya. Tidak hanya lidah yang sakit, rokok juga dapat mengancam kesehatan mulut, mulai dari bau mulut, lubang, lidah berbulu akibat tumbuhnya jamur dan bakteri, hingga munculnya bercak coklat pada gusi. Anda juga perlu berhati-hati karena kebiasaan ini bisa menyebabkan kanker mulut atau tenggorokan. Berhenti merokok sekarang!

6. Kekurangan vitamin dan mineral

Sakit lidah bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral. Kekurangan vitamin dan mineral bisa menyebabkan nyeri pada lidah. Saat tubuh kekurangan vitamin B-12, zat besi, dan asam folat, lidah bisa terasa perih dan memerah. Jika tubuh kekurangan zinc, sensasi terbakar juga bisa dirasakan di lidah. Untuk mengatasi masalah ini, dokter biasanya menyarankan Anda untuk memperbaiki pola makan, mengonsumsi suplemen, dan menyuntikkan vitamin ke dalam tubuh.

7. Sindrom mulut terbakar

Sindrom mulut terbakar adalah kondisi medis yang menyakitkan yang dapat membuat lidah terasa panas, mati rasa, dan kesemutan. Rasa sakit itu diyakini berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Sindrom mulut terbakar dapat disebabkan oleh reaksi alergi, diabetes, masalah tiroid, refluks asam lambung, mulut kering, dan kekurangan nutrisi. Pengobatan sindrom mulut terbakar akan tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan riwayat kesehatan pasien.

8. Neuralgia

Neuralgia adalah penyakit yang terjadi ketika saraf teriritasi dan rusak. Neuralgia dapat menyebabkan radang lidah yang tajam seperti sengatan listrik. Tak hanya di lidah, nyeri juga bisa muncul di tenggorokan hingga telinga. Biasanya nyeri dirasakan saat Anda menelan makanan. Orang dengan kanker tenggorokan dan leher dapat mengembangkan neuralgia. Namun, penyebabnya belum pasti. Dokter Anda dapat merekomendasikan pereda nyeri. Jika neuralgia parah, dokter mungkin menyarankan prosedur pembedahan.

9. Obat-obatan

Beberapa obat, seperti naproxen dan beta blocker, dipercaya dapat menyebabkan sakit lidah. Karena keduanya bisa menyebabkan luka lidah. Selain itu, obat kumur dapat mengiritasi lidah dan menyebabkan nyeri.